5 Tips Fotografi Untuk Foto Di Malam Hari!

Foto di malam hari – Fotografi memang adalah aktivitas yang menyenangkan dan keren. Tapi, untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang berkualitas, diperlukan pembelajaran dan kemampuan khusus. Ya, hanya dengan modal suka dan iseng saja mungkin belum cukup untuk mendapatkan hasil fotografi yang maksimal. Apalagi jika kamu lebih tertarik mengambil foto di malam hari.

Jika kamu pernah mencoba untuk mengambil foto di malam hari atau di ruangan yang redup cahaya, kamu pasti menyadari betapa susahnya mengambil foto yang jelas dan yang tanpa noise. Tapi jangan khawatir, bukan berarti fotografi di ruang gelap itu mustahil kok. Yuk, simak 5 tips cerdik ini!

Berikut Beberapa Trik Untuk Mengambil Foto di Malam Hari

Tentukan lokasi pemotretan terlebih dahulu

foto di malam hari 1Sumber: Micpublishing
Tips yang satu ini adalah langkah pertama untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal. Untuk meminimalisir kesalahan yang akan terjadi, lebih baik kamu survey dulu tempat yang akan kamu jadikan target untuk memotret.

Dengan begini, kamu nggak hanya bisa mengetahui sisi dan sudut pandang terbaik, tapi kamu juga bisa mempersiapkan peralatan foto serta lensanya di kemudian hari.

Melakukan survey tempat juga bisa menambah wawasan dan “koleksi” kamu tentang spot yang hits untuk mendapatkan foto terbaik. Memotret di malam hari memang lebih sulit dibanding biasanya, tapi kalau kamu bisa menemukan tempat strategis dan hasil yang oke, foto kamu pasti akan maksimal banget deh.

Jangan pernah meremehkan tripod

foto di malam hari
Sumber: TechradarApakah kamu tahu kalau memotret pada malam hari atau pada ruangan yang redup cahaya bisa memperlambat shutter speed? Ya, hal ini disebabkan oleh tingkat cahaya yang kurang.

Bayangkan jika kamu harus menggenggam kamera dengan stabil dan tanpa guncangan sama sekali selama kira-kira 10 detik. Nggak hanya tangan kamu keram, tapi foto yang dihasilkan juga akan buram.

Maka dari itu, kamu perlu menggunakan tripod untuk membantu mengambil gambar yang pastinya nggak buram. Kegunaan tripod nggak hanya untuk kamera DSLR saja lho, jaman sekarang tripod juga dibuat khusus untuk menahan smartphone.

Tentukan lensa kamera yang sesuai

foto di malam hari 3Sumber: DigitalTrends
Nah, tips ini dikhususkan untuk kamu yang serius mengenai fotografi. Pemilihan lensa kamera yang sesuai memang bisa membuat kamu bingung dan akhirnya malas sendiri.

Ini trik yang perlu kamu ketahui sebelum terjun ke dunia fotografi “malam”. Sesuaikan bukaan lensa (aperture) yang mendukung kecepatan shutter speed. Contoh, menurut sumber semakin rendah aperture, maka tingkat shutter speed pun akan semakin meningkat.

Misalkan, lensa yang mempunyai aperture maksimum f2/8 akan menangkap gambar hampir dua kali lipat dari lensa yang mempunyai aperture maksimum f3/5.

Mau tahu kenapa? aperture berpengaruh pada lebarnya bukaan pada lensa. Hal ini mempengaruhi tingkat kedalaman fokus pada gambar. Jika aperture lebih tinggi, maka kamera akan berusaha menangkap objek dengan kedalaman fokus yang jauh. Maka dari itu, peningkatan aperture akan memperlambat tingkat shutter speed.

Gunakan sumber cahaya sekitar

foto di malam hari 4Sumber: Wallpaperswide
Yang namanya memotret pada ruangan redup cahaya, pasti hasil foto juga terlihat lebih gelap. Karena hal itu, kamu membutuhkan sedikit cahaya yang bisa memberikan detail dan gambaran pada hasil foto.

Walaupun begitu, kamu juga perlu berhati-hati saat menggunakan lampu flash kamera. Penggunaan cahaya yang berlebihan bukannya akan memperindah hasil jepretan, tapi malah memberikan warna yang aneh pada foto.

Jika kamu mengambil gambar dengan jarak objek yang dekat dengan kamera, usahakan untuk menghindari penggunaan lampu flash karena cahaya yang dihasilkan akan memantul. Cukup imbangi komposisi objek dengan cahaya alami saja.

Kurangi penggunaan zoom in

foto di malam hari 5Sumber: Favim

Menggunakan fitur zoom in memang sangat praktis dan kamu nggak perlu capek berjalan. Tapi, perlu kamu ketahui dengan men-zoom in secara digital, kamu akan menurunkan resolusi gambar kamu.

Apalagi jika kamu berencana memotret pada malam hari. Penggunaan fitur zoom in juga bisa menambah grain atau noise pada hasil jepretan kamu.

Nah, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu sudah menemukan tempat foto yang strategis dan jangan malas untuk sedikit berjalan demi hasil jepretan yang keren.

Bagaimana? Ternyata mengambil foto di malam hari nggak begitu susah kan? Nggak harus selalu menggunakan kamera DSLR kok, kamu juga bisa menggunakan kamera pada smartphone-mu.

Tapi, pastikan juga smartphone tersebut mempunyai kualitas kamera yang terjamin seperti Luna. Kabarnya smartphone ini merupakan salah satu smartphone dengan kemampuan fotografi terbaik, lho. Tunggu apalagi? Yuk, langsung saja terjun langsung ke dunia fotografi “malam”!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *