Buat yang Belum Tahu, Ini Dia Keunggulan Android Oreo

Android Oreo adalah versi Android yang dirilis pada urutan kedelapan dengan code “O” pada awalnya. OS ini pertama kali dirilis dan dipreview pada bulan Maret tahun 2017. Dan dirilis secara resmi pada publik baru pada bulan Agustus 2017.

OS Android Oreo ini memiliki banyak sekali fitur baru yang melengkapi versi Android sebelumnya yakni OS Android Nougat. Beberapa fitur baru yang ada antara lain adalah notifikasi yang ditampilkan dalam bentuk grup, foto dalam foto yang sudah suport pada video, peningkatan performa OS Android sekaligus pengoptimalan daya baterai.

Selain itu juga terdapat support untuk autofillers, bluetooth 5, integrasi dengan aplikasi VoIP, jangkauan daya tangkap Wifi yang makin luas, serta tampilan warna yang semakin kaya. Android O ini juga sudah bisa untuk menjalankan beberapa sistem yang dikhususkan untuk Android GO.

Smartphone Android Oreo Pertama

keunggulan android oreo 2

Smartphone Android dengan OS Android Oreo yang pertama kali muncul adalah Nexus 5x, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C dan smartphone Pixel lainnya. Smartphone dengan OS Android O ini “mencicipi” keunggulan Android Oreo pertama kali pada bulan Maret 2017. Dan setelahnya terdapat beta version yang dirilis pada bulan Mei 2017.

Baca Juga : Tangkap Deretan Bintang Milkyway Dengan Smartphone Anda

Kebanyakan smartphone yang memiliki Sistem Operasi Android Oreo didapat dari upgrade sistem, nah pada baru-baru ini LUNA Smartphone meluncurkan satu produk yang hadir langsung disemati sistem android oreo tanpa harus upgrade terlebih dahulu, Smartphone Luna tersebut diberi nama Luna V Lite.

Keunggulan Android Oreo

keunggulan android oreo 4

Keunggulan Android Oreo terdapat pada fitur yang tersemat di dalamnya. fitur menarik dan terbarukan berhasil disuguhkan pihak developer melalui OS Android Oreo ini. Beberapa fitur ini lebih cenderung meningkatkan user experience sehingga lebih nyaman digunakan oleh penggunanya. Tidak hanya dari segi tampilan saja, namun juga penggunaan daya baterai yang selama ini dirasa belum optimal meski sudah hadir OS Android Nougat.

Notifikasi baik aplikasi maupun pesan pada versi Android O ini telah bisa digabungkan menjadi beberapa kelompok grup yang disebut sebagai “channel”. Pada Android O juga dapat terintegrasi dengan foto dalam foto yang support dengan aplikasi Youtube ataupun Youtube Red. Dari segi desain, Android Oreo ini memberikan tampilan warna putih pada bagian tema. Tak hanya itu saja, Android Oreo memberikan kesempatan pengguna untuk mengubah suara notifikasi, baik ringtone, alarm pada bagian setting khusus.

Artikel Menarik : Mengenal Efek Bokeh Camera Smartphone

Dan yang paling penting dari kehadiran Android Oreo ini adalah penggunaan daya yang lebih teroptimasi dibandingkan versi sebelumnya. Pada versi Android O ini, juga bisa menampilkan sisa baterai yang ada pada beberapa device yang sedang connect dengan smartphone. Selain itu, Android Oreo juga membatasi penggunaan aplikasi pada background (atau penggunaan multitasking) sehingga baterai smartphone lebih hemat.

keunggulan android oreo 3

Android Oreo memberikan pengguna beberapa emoji / emoticon baru yang sudah tersedia pada Unicode 10 standart. Emoji-emoji ini juga termasuk beberapa font emoji yang telah didesain ulang setelah sebelumnya tampilan Emoji menayangkan jenis “blob” sejak Android KitKat.

Keunggulan lain dari Android O adalah ditambahkannya fitur automatic repair system. Fitur automatic repair sistem ini diberi nama “Rescue Party” yang dapat mendeteksi komponen komponen atau masalah lain pada smartphone pada saat dinyalakan. Secara otomatis seperti namanya, fitur ini akan menyajikan beberapa langkah langkah untuk mengatasi permasalahan pada smartphone. Dan jika langkah langkah ini gagal dilakukan, maka secara otomatis smartphone akan mengalami factory reset.

Penggunaan Pada Android GO

keunggulan android oreo 3

Sejak bermunculan banyak sekali smartphone Android GO, yang menyasar segment smartphone murah. OS Android pun banyak sekali mengalami penyesuaian, dan salah satunya adalah Android Oreo. Pada Android GO, OS Android Oreo mampu mengurangi penggunaan data ketika connect dengan internet. Dan tidak hanya itu, aplikasi bawaan Google yakni Play Store juga memiliki desain khusus dengan bobot yang lebih ringan.


Nah demikianalah Keunggulan Android Oreo yang dapat admin sampaikan, jika dari kalian ada tambahan bisa kalian tulis di kolom komentar ya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *