Tangkap Deretan Bintang Milkyway Dengan Smartphone Anda

Seperti nama smartphone favorit anda semua, Luna, yang memiliki arti bulan. Pada kali ini kami akan membahas mengenai objek langit yang selalu menemani bulan di langit ketika malam hari. Ya, bulan memang tidak pernah sendiri, selalu ditemani jutaan bintang yang juga berpendar di masing masing gugusannya.

Gugusan inilah yang menciptakan pemandangan yang sangat indah ketika malam hari. Gugusan inilah yang seringkali menjadi objek fotografi bagi para fotografer profesional. Dikenal dengan istilah fotografi Milkyway, berdasarkan objek utama adalah sebagian dari galaxy yang juga kita tempati ini. Nah, bagaimana sih cara foto milkyway dengan Smartphone Luna anda? Berikut ulasan paling lengkapnya.

Cara Foto Milkyway dengan Smartphone


  1. Menentukan Posisi Ketika Mencari Objek

Foto Milkyway dengan Smartphone

Sebenarnya untuk mengambil gambar atau foto galaxy milkyway, anda tidak harus menggunakan kamera DSLR ataupun Mirorless. Hal ini karena smartphone Luna anda sebenarnya sudah memiliki kapasitas untuk mengambil foto Milkyway. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi ketika ingin mengambil gambar. Pilihlah sebuah tempat yang minim polusi cahaya, misalnya pegunungan atau pantai. Hal ini untuk menghindarkan dari “kalah” nya sinar bintang dengan polusi lampu lampu yang bisanya ada di daerah perkotaan.

  1. Peralatan yang Diperlukan

Foto Milkyway dengan Smartphone

Untuk peralatan yang diperlukan tentunya adalah smartphon Luna anda. Kemudian sebuah tripod untuk menghindari getaran. Plus beberapa aplikasi fotografi HP dan aplikasi lain untuk menunjang fotografi milkyway anda.

Baca Juga : Mengenal Efek Bokeh Camera Smartphone

Aplikasi yang kerap digunakan oleh fotografer profesional untuk mengambil foto galaxy milkyway adalah Camera FV 5. Nah aplikasi ini bisa di download dengan menebusnya melalui Google Play seharga sekitar 50 ribu rupiah. Aplikasi ini berguna untuk membuat pengaturan manual pada smartphone Luna. Pengaturan manual inilah yang nantinya berguna untuk mengatur ISO dan Shutter Speed sesuai yang diperlukan untuk mengambil foto Milkyway.

Aplikasi selanjutnya untuk mengambil foto milkyway dengan smartphone adalah aplikasi Star Tracker. Aplikasi ini berguna untuk menunjukkan posisi milkiway berada berdasarkan lokasi anda saat mengeceknya. Aplikasi ini selain menggunakan kompas juga menggunakan keberadaan gyro sensor yang ada di dalam perangkat smartphone anda.

  1. Waktu yang Paling Ideal

Foto Milkyway dengan Smartphone

Untuk mengambil foto milkyway yang paling ideal adalah awal bulan muda atau akhir bulan muda. Paling mudah adalah mengacu pada kalender yang menggunakan rotasi bulan sebagai perhitungan misalnya kalender Jawa, Arab, atau Cina. Perhitungan bulan ini berguna untuk mengambil foto milkyway dengan smartphone karena dapat memastikan keadaan bulan ketika memotret milkyway.

Artikel Menarik : Hobi Foto dengan Smartphone? Waktunya Show Off Sekarang!

Karena keberadaan bulan yang cenderung terang justru akan mengalahkan cahaya dari milkyway sendiri. Selain perhitungan kalender, waktu yang paling tepat adalah saat sebelum bulan terbit atau sudah tenggelam. Perkiraan waktu yang paling ideal adalah sekitar pukul 07:00 malam dan 03:00 pagi. Namun ini juga bergantung pada letak geografis anda atau kota tempat anda tinggal.

  1. Menggunakan Lensa External

Foto Milkyway dengan Smartphone

Menggunakan lensa external bisa jadi salah satu cara untuk foto astronomi atau foto milkyway menggunakan hp. Lensa external yang bisa digunakan adalah Celestron Power Seeker 70EQ. Yap, lensa external yang satu ini pernah kita bahas sebelumnya di artikel khusus mengenai lensa external smartphone.

Lensa External yang satu ini memiliki bentuk mirip seperti teleskop kecil dan memilliki kualitas zooming yang cukup baik, yakni hinggal 125x. Kemampuan ini yang bisa membantu anda untuk mengambil foto milkyway dengan cukup mudah. Namun setidaknya siapkan uang anda sebanyak 3 juta rupiah untuk memperoleh lensa external yang satu ini.



Demikianlah artikel Mengenai Cara Mengambil Foto Milkyway dengan Smartphone, cara di atas belum semuanya, masih banyak lagi teknik yang dilakukan untuk mengambil foto milkyway, Nah jika kalian ada tambahan mengenai tekniknya, kalian bisa menulisnya di kolom komentar ya. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *