China mampu mengalahkan Amerika Serikat didalam Bidang Teknologi

Sebagian besar dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kalimat “made in China” yang sering kita dapati di aneka benda, mulai dari benda berukuran besar dan kecil, serta dengan kisaran harga mahal sampai yang paling murah sekalipun. Namun, fakta terkini membuktikan, bahwa ternyata China tidak hanya mampu memproduksi aneka produk “murahan” saja, melainkan kini yang di produksinya hampir semua produk yang terdapat di dunia.

Perlu anda ketahui, sudah lebih dari 70% Smartphone di dunia adalah hasil produksi dari China. Dan berbagai smartphone China telah menyumbang sebanyak 50% lebih pangsa pasar di dunia. Selain itu sebanyak 80% panel surya di dunia juga diproduksi oleh China. Akibatnya, China dikenal sebagai suatu pusat kekuatan industri di dunia yang mampu mengalahkan Amerika Serikat di dalam bidang teknologi.

Lantas, bagaimanakah cara yang dilakukan China sehingga mampu berkembang begitu pesat dalam waktu singkat? Jika anda penasaran, berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Inilah 4 faktor yang menyebabkan China mampu mengalahkan AS di Bidang Teknologi

Bidang teknologi

Adapun beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kemudahan dalam mendapatkan informasi

Berbagi informasi atau Open source adalah suatu faktor yang paling besar yang mampu membuat China dapat berkembang begitu pesat. Beda dengan Amerika, Hak Cipta seta paten merupakan suatu hal yang sengaja dirancang agar dapat melindungi hak intelektual untuk sebuah produk. Namun hal ini sering disalah gunakan dan menjadikan adanya permintaan ganti rugi kepada pihak yang telah berani meniru Paten dan Hak Cipta yang telah lebih dahulu mereka buat.

Baca Juga : Buat yang Belum Tahu, Ini Dia Keunggulan Android Oreo

Sedangkan menurut Duncan Turner, seorang Managing Director Hax Hardware Accelereator berbasis Shenzen, pada intinya dia mengatakan bahwa Paten dan Hak Cipta di China bukanlah untuk menghukum atau melawan para penjiplak, justru mereka telah terbiasa dengan memperdagangkan hal tersebut antar perusahaan dan gunanya untuk saling berbagi informasi. Dengan demikian perusahaan bisa berkreasi dengan bebas tanpa takut terkena pelanggaran.

  1. Memperhatikan saran pelanggan demi perbaikan suatu produk

Menurut BCG, kebanyakan produk yang dibuat di China adalah hasil dari saran dan ulasan para pelanggan, bahkan sering sekali lagsung diproses dengan cepat. Di AS, mereka menciptakan produk dengan informasi yang cukup terbatas dengan harapan tetap bisa laku dipasaran.

bidang teknologiArtikel Menarik : Inilah beberapa alasan tidak perlu beralih dari Android ke IPhone

Berdasarkan laporan BCG, di tahun 2016 pengguna E-commerce setiap harinya menghasilkan sampai 20 juta ulasan dan pertanyaan mengenai produk. Dan dengan data tersebut, para produsen lebih termotivasi dan terbantu untuk meciptakan produk yang sesuai dengan minat konsumen.

  1. Warga negara sangat diutamakan

China lebih mengutamakan warga negaranya sendiri daripada orang asing, hal ini terbukti dengan para tenaga kerja yang rata-ratanya adalah warga China sendiri. Selain itu, rezim otoriter China tidak memperkenankan orang asing untuk bekerja di negaranya, meskipun terampil. Dan kalaupun ada, orang asing tersebut harus memiliki keterampilan yang luar biasa. Berbeda dengan AS, banyak perusahaan ternama yang dijalankan dan didirikan oleh orang asing. Seperti Sergey Brin di Google, Steve Jobs di Apple dan lain-lain.

bidang teknologi

  1. Jumlah penduduk memiliki pengaruh yang besar

Kita semua tahu bahwa China adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Dan bagi China, jumlah penduduk yang banyak adalah suatu peluang untuk bisa menguntungkan para pengusaha. Karena dengan begitu, mereka tidak akan sulit untuk selalu mendapatkan ide-ide baru dalam pembuatan produk.


Beberapa faktor-faktor diatas sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi China, sehingga mampu mengalahkan Negara Adidaya seperti halnya Amerika dalam bidang teknologi, Namun jika dari kalian ada pendapat yang berbeda atau ingin menambahkan pendapat, kalian dapat menulisnya di kolom komentar di bawah ini ya. Demikianlah artikel mengenai Beberapa Faktor Penyebab China mampu mengalahkan Amerika di bidang Teknologi.

Jika kalian ingin mengetahui Produk terbaru dari LUNA Smartphone kamu bisa mengunjungi website resmi Luna Smartphone. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *